Assalamualaikum... Pada kesempatan ini, aku akan memberikan cara membuat database di Ms Acces..
Micrisoft Acces atau microsoft office Acces adalah sebuah program aplikasi data di komputer . aplikasi ini juga merupakan anggota dari dari beberapa aplikasi microsoft office, microsoft word, microsoft exel dan microsoft power point.
Micrisoft Acces atau microsoft office Acces adalah sebuah program aplikasi data di komputer . aplikasi ini juga merupakan anggota dari dari beberapa aplikasi microsoft office, microsoft word, microsoft exel dan microsoft power point.
Dan disini kita akan mencoba membuat data dari microsoft
Acces yaitu Database
- Langkah Pertama adalah kita membuat daftar tabel terlebih dahulu
- Caranya :
- Buka Microsoft Acces, Pilih Blank Desktop Database. lalu Pilih Create
- Klik View dan Pilih Desain View
- Maka akan muncul Table 1, pilih OK
- Akan Muncul Tampilan Seperti ini
- Lalu isilah ID Fieled Name dan Data Type, sesuai yang kamu butuhkan lalu save. sebagai contoh. Misalnya seperti gambar dibawah ini
2. Langkah Kedua, yaitu membuat daftar tabel yang sama, hanya disini bedanya mengisi data
dengan data orang tua.
3. Langkah Selanjutnya yaitu double Klik Pada Tabel 1 dan 2, Maka Tampilan akan berubah lalu
isilah data tabel 1. Lihat gambar dibawah ini merupaka contoh data pada tabel 1
dengan data orang tua.
- Caranya
- Pilih Crate dan Pilih Table Design
- isilah ID Fieled Name dan Data Type dengan data yang berbeda. Seperti Contoh
3. Langkah Selanjutnya yaitu double Klik Pada Tabel 1 dan 2, Maka Tampilan akan berubah lalu
isilah data tabel 1. Lihat gambar dibawah ini merupaka contoh data pada tabel 1
- Setelah data pada tabel 1 diisi, maka lakukan hal yang sama pada tabel 2
Add Tabel 1 dan tabel 2. gambar dibawah adalah tampilan tabel 1 dan 2 setelah di Add
Setelah itu, Save Query 1 dengan cara klik kanan Query 1 dan pilih save. tampilan setelah di save
5. Langkah berikutnya yaitu membuat form
- Selanjutnya kamu bisa edit bagian Judul Formulirnya. Lalu Save Dengan cara Klik kanan Query 1 dan Rename filenya
- Double Klik Pada data yang baru disimpan
jumlahnya
- Caranya
- Klik Create, Pilih Form Lalu Design
- Pilih Design, Klik Gambar xxxx, maka drag ke bawah dan akan muncul tampilan "Cammon Button Wizard" => Record Operation => New Record => Next => Pilih Pencil => Next => Command27=> Finish. Dan lakukah hal tersebut untuk membuat tombol find record, save, delete, dan exit.
- Langkah Selanjutnya Yaitu membuat report. Caranya Pilih Create => pilih report. Report ini adalah Rekap data yang sudah kita buat.
- Tampilan akan berubah. Universitas Djuanda
Terima kasih informasinya..
BalasHapusKeren, makasih ka iis
BalasHapusTerima kasih informasinya..
BalasHapusTerimakasih ilmunya
BalasHapusTerimakasih ilmunya
BalasHapusRajin-rajin apdet blognya ya !
BalasHapusUniversitas Djuanda